//
you're reading...
Obat Alami

Sarang Semut Tumbuha Multikhasiat

tanaman rumah sarang semutTak bisa dipungkiri, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang di antaranya merupakan tanaman obat. Salah satu daerah yang kaya akan tanaman obat adalah Papua. Sebut saja dua di antara yang tumbuh di sana : mahkota dewa dan buah merah. Kini ada lagi yang tak kalah ampuh dibanding keduanya. Tanaman tersebut adalah sarang semut. Seperti apa tumbuhan tersebut ? Apa saja khasiatnya ? Simak ulasan berikut.

Sarang semut atau myrmecodiajack adalah tanaman epifit (tanaman yang hidupnya menempel pada tanaman lain,namun sifatnya tidak parasit-Red). Disebut sarang semut karena saat membesar,dibagian bawah batangnya menggelembung dan di dalamnya membentuk rongga-rongga (labirin) yang digunakan semut untuk bersarang. Bagian luar tanaman ini dipenuhi duri yang berfungsi sebagai pelindung dari hewan pemangsa.

Sarang semut banyak ditemukan menempel di beberapa pohon kayu putih, cemara gunung,kaha dan beech. Tanaman ini jarang ditemukan di pohon dengan batang yang halus dan rapuh. Sarang semut juga ditemukan di semenanjung Malaysia,filipina,kamboja,sumatera,kalimantan,jawa,papua hingga kepulauan Solomon.

Tanaman ini mengandung beragam mineral dan zat yang berguna sebagai obat. Sebut saja kalsium,natrium,kalium,seng,besi,fosfor,magnesium dan masih banyak lagi.

Tak heran berbagai penyakit berat dan ringan dapat diobati,dari mimisan,tukak lambung,wasir,memperlancar ASI, memulihkan kesehatan wanita pasca melahirkan ,TBC, tumor, asam urat sampai jantung koroner. Ada lagi dua kandungan yang sangat dahsyat, yakni flavonoid dan tanin. Flavonoid berguna sebagai antioksidan,sedangkan Tanin berguna sebagai antimikroba,pembeku darah dan antikanker. Fungsi tanin sebagai antikanker terbukti setelah diuji melalui tes laboratorium. Zat ini menghambat dan menghancurkan sel kanker.

Sarang semut dapat diolah setelah berumur 1 tahun atau setelah berwarna hitam. Selama mengonsumsi sarang semut, ada pantangannya, yakni tidak boleh mengosumsi bersamaan dengan obat-obatan medis dan herbal. Keduanya dapat saling menetralisasi atau menguatkan sehingga merusak hati dan ginjal. Yang perlu diingat adalah mengonsumsi sesuai dosis. Seringkali karena tidak sabar orang lansung meningkatkan dosisnya,padahal dosis sebaiknya ditingkatkan bertahap agar hati bisa beradaptasi. Kalau belum pernah mengonsumsi,sebaiknya sebagai permulaan minum 1 sendok sehari untuk menjaga kondisi tubuh. Sedangkan untuk mengobati penyakit,dosis bisa ditingkatkan menjadi 3 kali sehari.

Jika ada reaksi positif dan merasa sudah cukup, pertahankan dosis tersebut. Bila minum 1 sendok lalu merasa mual,muntah,diare dan pusing,berarti Anda mengalami over dosis dan harus dikurangi.

Efek ramuan sarang semut adalah mudah menyerap air. Itulah sebabnya saat mengonsumsi sarang semut,banyaklah minum air agar tidak susah buang air besar. Selain itu,jauhi pantangan sesuai penyakit. Misalnya penderita kanker harus menghindari makanan berlemak. Yang terpenting lagi,jangan lupa mengatur pola makan yang baik dan teratur berolahraga. Ingat,kita harus konsisten mengonsumsi obat herbal agar sembuh, minimal mengonsumsi selama 3 bulan. Teruskan jika ada reaksi bagus. Jangan diteruskan jika merasa tidak cocok. Selanjutnya beralihlah ke herbal lain atau obat dokter.

Ingatlah untuk selalu membeli sarang semut dalam bentuk irisan tipis,jangan bubuk. Hal ini dikarenakan khawatir ampasnya terminum dan berbahaya bagi ginjal. Selain itu,bisa saja itu sudah dicampur serbuk kayu. Siapa saja yang bisa mengonsumsi sarang semut? Pria dan wanita berusia di atas 5 tahun hingga manula. Untuk anak-anak, dosisnya sesendok teh.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: