//
you're reading...
Pengobatan Alternatif

Jus Kombinasi Cegah Penuaan Dini

Jus buah memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk mencegah penuaan dini. Hanya,jus buah akan bermanfaat maksimal bila dikombinasi.

Sebagai seorang wanita bekerja, tentu saja Debra (30) membutuhkan stamina yang bagus untuk mendukung kinerjanya. Namun dalam dua tahun belakangan ini,gadis cantik yang masih betah melajang ini sering merasa lemas,mudah kecapaian dan suka mengantuk.

Pokoknya staminanya tidak sebaik dulu lagi. Kondisi tersebut membuat kinerjanya menurun. Padahal di usianya yang baru memasuki kepala tiga,seharusnya Debra tengah menikmati gairah hidup yang membara.

Beberapa waktu lalu ia menghadiri reuni sekolahnya. Dia kaget melihat Dela,teman karibnya dulu tampak jauh lebih muda dari dirinya. Dela terlihat masih fresh,cantik,penuh semangat dan tidak loyo. “kok Dela bisa awet muda. Pasti dia punya rahasia untuk itu,” gumam Debra. Maklumlah,lima tahun sudah mereka tidak bertemu. Wajar saja bila Debra kaget melihat perkembangan Dela. Sementara dirinya justru terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

“kamu sering stres,makanya cepat tua,” ujar Dela tersanjung karena dibilang awet muda. Kemudian dengan berbisik Dela mengatakan rahasia dirinya. “Aku rutin mengkonsumsi jus buah dan sayur,”bisiknya. Tanpa pikir panjang Debra juga ingin mengikuti langkah sahabatnya itu. Baginya,tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kondisi tubuhnya. Dia yakin bila suatu saat kembali mendatangi pesta reuni sekolah,dia juga akan tampak lebih fresh dan muda. Tidak lagi Debra yang loyo dan seperti pesakitan.

 

MENANGKAL RADIKAL BEBAS

Kasus seperti yang dialami Debra,yakini penuaan dini,saat ini banyak juga dialami oleh orang lain. Tidak hanya terbatas wanita,tetapi juga kaum pria. Sumber masalah penuaan itu sebenarnya karena radikal bebas yang makin gencar memengaruhi semua sendi kehidupan kita. Akibatnya banyak yang menjadi lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Menurut Ekky M Rahardja,ahli gizi klinik,radikal bebas memang dapat mengakibatkan penuaan dini. Namun menurutnya,tidak perlu risau,karena tanpa kita sadari,di alam ini telah tersedia zat-zat yang berguna meredam radikal bebas. Zat-zat tersebut dapat diperoleh dari buah dan sayuran.

Dalam buah dan sayuran terdapat kandungan gizi dan non gizi. Dalam zat gizi terdapat karbohidrat,protein,lemak,vitamin dan mineral. Sementara pada zat non gizi memiliki kandungan serat dan pigmen. Fungsi zat-zat itu tidak hanya mengubah vitamin A di dalam tubuh,tetapi juga dapat bersifat antioksidan dan antikanker. Hanya,menyajikannya harus tepat,yakni di-blender. Ketika di-blender,kondisi buah dan sayuran dalam keadaan bersih,segar dan sayuran pun masih dalam keadaan mentah. Itulah yang dipahami saat ini sebagai terapi jus.

Terapi jus akan bermanfaat maksimal bila berupa kombinasi beberapa jenis,misalnya buah A,B dan sayuran. Kombinasi tiga bahan itu menjadikan nilai gizinya lengkap.

Apakah ada perbedaan antara buah dan sayuran yang dikonsumsi langsung dengan yang dibuat jus ? Perbedaannya terletak pada kehalusan. Bila dikonsumsi langsung,hasilnya tidak sehalus bila diblender. Sehingga banyak zat yang belum pecah. Kondisi ini memungkinkan enzim dalam tubuh tidak mampu mencerna. Akibatnya,nilai gizi dari buah itu tidak bisa terserap oleh tubuh.

Buah yang tidak bisa dicerna dalam sistem pencernaan,akan mengalami pembusukan. Pembusukan tersebut membuat bau busuk pada saat buang gas. Bila yang busuk itu ada yang terserap tubuh,akan masuk ke hati. Saat itulah hati harus kerja berat untuk menetralisir racun tersebut. Akibatnya, orang tersebut menjadi sering mengantuk,selalu merasa kecapaian dan tidak bergairah menjalani hidup.

 

MUDAH MEMBUATNYA

Membuat jus buah yang paling baik ialah dengan cara di-blender. Dengan di-blender,serat dan zat gizi lain dalam buah dan sayur tetap utuh. Proses pembuatannya pun cukup mudah, kita hanya memilih buah dan sayuran yang ingin di-blender,mungkin tiga jenis buah dan sayuran. Sebelumnya jangan lupa dicuci bersih terlebih dahulu dengan air bersih,kemudian cuci kembali dengan air yang mengalir,terakhir menggunakan air matang. Baru masukan bahan-bahan tersebut ke dalam blender  ditambah dengan air secukupnya. Fungsi air tersebut untuk membantu proses penyerapan.

Dalam membuatnya,tidak perlu di tambah zat pemanis atau perasa lainnya. Rasa manis dapat diperoleh dari buah-buahan. Agar rasanya manis,pilih buah yang manis. Bila dalam jus tersebut ada rasa langu,tambahkan saja bit atau jeruk lemon. Penambahan seperti itu akan menghilangkan rasa langu yang diakibatkan oleh sayuran. Kemudian untuk membuat jus lebih segar,tambahkan beberapa potong es batu saat di-blender. Penambahan es batu tergantung selera masing-masing orang. Karena ada sebagian orang yang memang tidak menyukainya.

Sebaiknya jus yang telah dibuat harus langsung dikonsumsi,tidak boleh disimpan terlebih  dahulu,meskipun didalam kulkas. Karena dapat berakibat enzim menjadi terbuka,sehingga zat-zat yang di kandung di dalam buah dan sayuran tersebut menjadi rusak.

 

BAIK UNTUK SETIAP ORANG

Jus buah tidak dapat menyembuhkan,tetapi meningkatkan stamina seseorang. Bila stamina meningkat,bisa mendukung proses penyembuhan penyakit. Yang jelas,jus tidak memiliki efek farmakodinamik. Misalnya buah belimbing dapat menurunkan tekanan darah. Bila orang memiliki tekanan darah normal,tekanan darahnya tidak akan turun hanya karena mengonsumsi belimbing. Berbeda dengan obat penurun tekanan darah. Bila dikonsumsi orang yang bertekanan darah normal,otomatis tekanan darahnya menjadi turun. Tentu saja hal itu sangat berbahaya.

Terapi jus tidak hanya baik diberikan bagi orang sakit,orang sehat juga baik minum jus setiap hari. Demikian juga bagi ibu hamil dan anak-anak. Dengan minum jus,tubuh menjadi segar dan bergairah.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: