//
you're reading...
Pengobatan Alternatif

Akupunktur pilihan murah tanpa efek samping

Akupunktur

Akupunktur merupakan salah satu bentuk pengobatan alternatif yang akhir-akhir ini berkembang cukup pesat. Jika beberapa waktu lalu hanya terbatas untuk pengobatan saja, tetapi kini bisa digunakan untuk kecantikan. Pengobatan alternatif asal cina ini disamping murah dan tanpa menimbulkan efek samping, juga diyakini mujarab.

Menjamurnya pengobatan alternatif belakangan ini membuat banyak pilihan bagi kita untuk mencobanya. Namun tak semuanya cocok dan bisa diterapkan ke segala penyakit. Berbeda dengan akupunktur atau tusuk jarum yang pernah dikenal lama sebagai pengobatan tradisional cina. Akupunktur berasal dari bahasa latin yaitu acus (jarum) dan pungure (cucuk). Akupunktur adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum-jarum khusus untuk menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh.

Titik-titik tersebut terdapat pada jalur-jalur energi yang disebut “meridian”. Tusukan dari jarum-jarum itulah yang bisa memperbaiki aliran dan keseimbangan energi sepanjang meridian-meridian itu. Ketika aliran energi ini seimbang maka tubuh akan sehat. Awalnya akupunktur dipakai sebagai teknik untuk mengobati beragam penyakit berat maupun ringan, tetapi dalam perkembangannya akupunktur juga dapat digunakan untuk kecantikan atau estetika.

Salah satu terapis akupunktur yang mendalami bidang ini adalah Gunarsih, Akp. Perempuan yang biasa disapa Arsie ini mempelajari ilmu itu langsung dari tanah Tiongkok, 4 tahun silam. Meski begitu dirinya juga dapat melakukan tusuk jarum sebagai pengobatan.”Semua akupunktur pada dasarnya bisa menyembuhkan suatu penyakit mulai dari stroke, jantung, diabetes, tuli hingga batuk. Akupunktur juga bisa meredakan ketegangan atau stres serta menguatkan kekebalan tubuh”, ucap perempuan yang mempelajari akupunktur di Beijing, Tienjin dan Lembaga Pendidikan Akupunktur YAPEPTRI itu.

Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Lebih lanjut perempuan kelahiran semarang, 29 Desember 1951 ini mengatakan, saat ini akupunktur banyak digunakan untuk memperbaiki penampilan diri. Baik pria atau wanita boleh mencoba teknik satu ini. Sebut saja merampingkan dan mengencangkan wajah, membuat kelopak mata, mengecilkan perut, membuat belahan didagu, membuat lesung pipit, mengencangkan payudara (mengecilkan dan membesarkan) serta menaikkan bokong.

“Jarum yang digunakan untuk akupunktur kecantikan dan pengobatan pada dasarnya sama. Ukurannya saja yang berbeda, ada yang panjang dan pendek. Cara menancapkan ujung jarum pada titik saraf juga beda. Untuk tujuan kecantikan jarum ditusukkan agak miring, sedangkan untuk penyembuhan atau terapi arahnya lurus. Semua titik saraf ditubuh bisa ditusuk kecuali pusar dan puting”, sambung ibu berputra 4 ini.

Dilanjutkan Arsie, akupunktur boleh dilakukan pada anak usia 7 tahun hingga orang lanjut usia. Untuk wanita hamil pun bisa asalkan daerah yang diakupunktur hanya seputar wajah saja. Setiap pasien ditusuk jarum dengan frekuensi yang tidak sama, tergantung dari derajat berat ringannya penyakit. Pada pasien jantung koroner, terapi akupunktur berfungsi memperbaiki energi dan meridian pada organ jantung sehingga sakit akibat penyempitan atau tegangan pembuluh darah dapat dikontrol.

Untuk membantu penyembuhan diabetes, akupunktur mampu menurunkan kadar gula darah dengan mempengaruhi daya kerja pankreas. Untuk kesehatan nyeri otot akupunktur dapat melancarkan energi pada otot kaku sehingga pengendapan asam susu dari askatam urat di sekitar otot sakit dapat larut dan terangkut ke organ pengeluaran. Akupunktur pun bisa diterapkan pada pasien kanker. Tusuk jarum itu dapat mengurangi nyeri, meningkatkan daya tahan tubuh, memberi rasa nyaman pada penderita dan menghambat proses penyebaran.

“Selain penyakit-penyakit itu. akupunktur baik untuk mereka yang mengalami kecanduan merokok atau narkoba. Termasuk juga pria yang mengalami ejakulasi dini. Wanita yang ingin segera memperoleh keturunan pun bagus di akupunktur. Untuk lebih menggetarkan saraf-saraf yang kaku, jarum-jarum yang sudah ditancapkan ke tubuh disambung dengan alat khusus yang dialiri listrik berarus kecil. Selama minimal 30 menit jarum akan digoyangkan. Kecuali wajah tidak perlu ditambah alat ini” terang Arsia.

Tanpa Efek Samping
Bagi sebagian orang, jarum identik dengan sesuatu yang tajam dan menyakitkan. Tetapi berbeda dengan jarum akupunktur yang berdiameter sangat kecil. Jarum khusus yang terbuat dari campuran tembaga dan perak itu merupakan alat untuk menyentuh saraf yang akan di terapi. Rasanya mungkin seperti digigit semut kecil dan hanya sebentar saja. “Sebelum diakupunktur bagian tubuh yang akan ditusuk dibersihkan dengan alkohol. Kemudian barulah jarum-jarum ditusukkan ke titik-titik tersebut. Pasien disarankan untuk buang air kecil terlebih dahulu karena prosesnya lumayan lama, antara 30 menit sampai 45 menit” Jelas Arsie. Proses terapi akupunktur yang sederhana membuat pengobatan alternatif ini menjadi salah satu primadona di masyarakat. Apalagi biayanya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal. Untuk satu kali terapi di klinik Arsie pasien hanya mengeluarkan isi kocek sebesar Rp. 75.000 untuk perawatan kecantikannya. Sedangkan untuk terapi pengobatan, lebih murah yakni Rp.50.000/terapi.

Setiap terapi, jarum yang digunakan hanya satu kali pakai dan langsung dibuang sehingga akupunktur relatif tanpa efek samping. ntuk mendapatkan hasil sesuai keinginan, sebaiknya menjalani terapi hingga 10 kali. Kunci keberhasilan pasien, menurut Arsie ada pada kedisiplinan dan kontinuitasnya. Bagi penderita penyakit tertentu yang tidak boleh mengkonsumsi makanan tertentu, seyogyanya mengikuti anjuran yang telah ditetapkan. “Allhamdulillah beberapa pasien saya berhasil sembuh. Ada yang sakit eksim berat sampai nenek usia 78 yang alami ketulian. Biasanya mereka yang disiplin dan rajin datang tingkat kesembuhannya lebih cepat. Yang perlu diingat juga, pola makan dan pola hidup harus tetap dijaga supaya tetap sehat,” tutup Arsie.(Lenny D)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: